RPP PKN XI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI 
Pertemuan ke : 1 dan 2
Standart Kompetensi : 1. Menganalisis budaya politik di indoensia  
   
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik 
   
Indikator : 
• Mendeskripsikan pengertian budaya politik
• Mengidentifikasikan cirri – cirri budaya politik
• Mendeskripsikan macam – macam budaya politik 
• Menjelaskan faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya 
• Mengidentifikasi pekembangan budaya politik
• Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakat 

Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit ( 2 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian budaya politik
 Siswa dapat Mengidentifikasikan ciri – ciri budaya politik
 Siswa dapat Mendeskripsikan macam – macam budaya politik
 Siswa dapat Menjelaskan faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya
 Siswa dapat Mengidentifikasi pekembangan budaya politik
 Siswa dapat Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakat

II. Materi Pembelajaran :
 Budaya politik 
 Pengertian budaya politik
 Ciri – ciri budaya politik
 Macam – macam budaya politik
 Faktor penyebab berkembang nya budaya politik di suatu daerah
 Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
III. Metode pembelajaran : 
 Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pengertian budaya politik dan macam – macam budaya politik , factor penyebab berkembangnya budaya politik
 Mengidentifikasikan budaya politik yang berkembang di daerah setempat
 Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil penggalian informasi tentang budaya politik yang berkembang di daerah setempat 
 
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Mengimformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Brain storming dengan seluruh siswa
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  

V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Dede Rosyada ( 2003 ) , Pendidikan Kewarganegaraan : Demokrasi , hak asasi manusia , dan masyarakat madani .
- Tim ICCE UIN Jakarta Prenada Media 
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa

VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi  

Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag                      PRADITO HASIBUAN,S.Ag
  NIP : 150 255 984                               NIP : 150 369 355







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke : 3 ,4,5,6
Standart Kompetensi : 1. Menganalisis budaya politik di indoensia  
   
Kompetensi Dasar :1.2 Menganalisis tipe – tipe budaya politik  
  Yang berkembang dalam masyarakat 
  indonesia 
   
Indikator : 
• Mendeskripsikan tipe – tipe budaya politik
• Mengidentifikasi tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
• Menganalisis dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan perkembangan system politik yang berlaku 

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mendeskripsikan tipe – tipe budaya politik
 Siswa dapat Mengidentifikasi tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
 Siswa dapat Menganalisis dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan perkembangan system politik yang berlaku

II. Materi Pembelajaran :
 Tipe – tipe budaya politik
 Macam – macam tipologi budaya politik
 Perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan system politik yang berlaku

III. Metode pembelajaran : 
 Menggali informasi dari berbagai literature tentang tipe – tipe politik yang berkembang di Indonesia
 Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil penggalia informasi tentang perkembangan tipe budaya politik sesuai dengan perkembangan system politik yang berlaku

IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Mengimformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  


V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Rusadi Kantaprawira , ( 1999 ) , Sistem politik Indonesia suatu pengantar , Bandung 
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi  






Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag                            PRADITO HASIBUAN,S.Ag
  NIP : 150 255 984                                    NIP : 150 369 355




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 1. Menganalisis budaya politik di indoensia  
   
Kompetensi Dasar :1.3.Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi 
  pengembangan budaya politik  
   
Indikator : 
• Menjelaskan makna sosialisasi kesadaran politik
• Menguraikan mekanisme sosialisasi dalam pengembangan budaya politik
• Mengidentifikasikan fungsi partai politik

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Menjelaskan makna sosialisasi kesadaran politik
 Siswa dapat Menguraikan mekanisme sosialisasi dalam pengembangan budaya politik
 Siswa dapat Mengidentifikasikan fungsi partai politik

II. Materi Pembelajaran :
 Sosialisasi budaya politik
 Makna sosialisasi kesadaran politik
 Menguraikan mekanisme sosialisasi dalam pengembangan budaya politik
 Mekanisme sosialisasi budaya politik
 Fungsi dan peranan partai politik

III. Metode pembelajaran : 
 Menggali informasi dari berbagai literature tentang makna kesadaran politik 
 Mendiskusikan dan mempresentasikan tentang mekanisme sosialisasi budaya politik
 Mendiskusikan dan mempresentasikan tentang fungsi dan peranan partai politik


IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Rusadi Kantaprawira , ( 1999 ) , Sistem politik Indonesia suatu pengantar , Bandung 
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi  


Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag                PRADITO HASIBUAN,S.Ag
  NIP : 150 255 984                        NIP : 150 369 355






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 1. Menganalisis budaya politik di indoensia  
   
Kompetensi Dasar :1.4.Menampilkan peran serta bdaya politik  
  partisipan
   
Indikator : 
• Mendeskripsikan bentuk – bentuk budaya politik beserta contohnya
• Menunjukkan budaya politik yang sesuai dan bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
• Memberikan contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara 
• Mendemontrasikan budaya politik partisipan 

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mendeskripsikan bentuk – bentuk budaya politik beserta contohnya
 Siswa dapat Menunjukkan budaya politik yang sesuai dan bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
 Siswa dapat Memberikan contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
 Siswa dapat Mendemontrasikan budaya politik partisipan

II. Materi Pembelajaran :
 Budaya politik partisipan
 Bentuk – bentuk budaya politik partisipan
 Budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
 Contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
 Contoh perilaku berperan aktif dalam politik yang berkembang di masyarakat 

III. Metode pembelajaran : 
 Mendiskusikan dan mempresentasikan peran serta masyarakat dalam pengembangan budaya politik yang sesuai dengan tata nilai budaya bangsa Indonesia
 Melakukan studi kasus budaya politik yang berkembang di masyarakat
 Mensimulasikan budaya politik partisipan di lingkungan sekolah 

IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Mas media baik cetak maupun elektronik 
- Buku paket yang relevan
- Kasus budaya politik yang terjadi di masyarakat
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Rusadi Kantaprawira , ( 1999 ) , Sistem politik Indonesia suatu pengantar , Bandung 
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi  


Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag                          PRADITO HASIBUAN,S.Ag
  NIP : 150 255 984                                  NIP : 150 369 355




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 2. Menganalisis budaya politik di indoensia  
   
Kompetensi Dasar :2.3.Menganalisis pelaksanaan demokrasi di  
  Indonesia sejak orde lama, orde baru , dan
  reformasi
Indikator : 
• Menguraikan perinsip demokrasi Pancasila
• Membandingkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia pada masa orla,orba,dan orde reformasi
• Membandingkan pelaksanaan pemilu pada masa orla,orba,dan orde reformasi
• Mengidentifikasikan pelaksanaan pemilu pada masa orba dan reformasi
• Mendemontrasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di daerahnya

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Menguraikan perinsip demokrasi Pancasila
 Siswa dapat Membandingkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia pada masa orla,orba,dan orde reformasi
 Siswa dapat Membandingkan pelaksanaan pemilu pada masa orla,orba,dan orde reformasi
 Siswa dapat Mengidentifikasikan pelaksanaan pemilu pada masa orba dan reformasi
 Siswa dapat Mendemontrasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di daerahnya

II. Materi Pembelajaran :
 Demokrasi di Indonesia
 Prinsip – prinsip demokrasi Pancasila
 Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru , dan reformasi
 Pemilian umum ( pemilu )
 Pengertian pemilu
 Tujuan pemilu
 Prinsip – prinsip dalam pelaksanaan pemilihan umum
III. Metode pembelajaran : 
 Menggali informasi dari berbagai sumber tentang prinsip – prinsip demokrasi Pancasila
 Menggali informasi pelaksanaan demokrasi yang diterapkan di Indonesia sejak orla ,orba , dan reformasi
 Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pemilu di Indonesia
 Menganalisis tentang pelaksanaan pemilu di Indonesia 
 Mensimulasikan pelaksanaan pilkada di daerah nya 

IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  

V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Perkembangan system pemerintahan di Indonesia
- UU pemilu dan sosialisasi pelaksanaan pemilu
- Mas media baik cetak maupun elektronik 
- Buku paket yang relevan
- Kasus budaya politik yang terjadi di masyarakat
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa

VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi  









Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
  NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 2. Menganalisis budaya politik di indoensia  
   
Kompetensi Dasar :2.4.Menampilkan perilaku budaya demokrasi 
  kehidupan sehari – hari
Indikator : 
• Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi
• Menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam lingkungan keluarga , sekolah , dan masyarakat

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi
 Siswa dapat Menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam lingkungan keluarga , sekolah , dan masyarakat

II. Materi Pembelajaran :
 Peilaku yang mendukung terhadap tegaknya prinsip – pinsip demokrasi

III. Metode pembelajaran : 
 Mendiskusikan dan menyimpulkan perilaku budaya demokrasi
 Mendemontrasikan budaya demokrasi dalam kehidupan di sekolah dan lingkungan masayarakat 

IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  

V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Kasus yang terjadi di masyarakat 
- Mas media baik cetak maupun elektronik 
- Buku paket yang relevan
- Kasus budaya politik yang terjadi di masyarakat
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa

VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi  



















Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
  NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan ke-  
  adilan dalam kehidupan bebangsa dan 
  bernegara 
Kompetensi Dasar :3.1. Mendeskripsikan pengetian dan pentingnya 
  keterbukaan dan keadilan dalam kehidu-
  pan berbangsa dan bernegara  
   
Indikator : 
• Mendeskripsiakna pengertian keterbukaan dan keadilan 
• Mengidentifikasi macam – macam keadilan 
• Mendeskipsikan pentingnya keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
• Mengidentifikasi ciri – ciri keterbukaan  

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mendeskripsiakna pengertian keterbukaan dan keadilan
 Siswa dapat Mengidentifikasi macam – macam keadilan
 Siswa dapat Mendeskipsikan pentingnya keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Siswa dapat Mengidentifikasi ciri – ciri keterbukaan  

II. Materi Pembelajaran :
 Keterbukaan adalah suatu keadaan dimana setiap anggota masyarakat merasa mempunyai tanggung jawab dan berhak dalam kehidupan di masayarakat sesuai dengan hak dan kewajiban terhadap ketertiban , keamanan dalam bermasyarakat , berbangsa v, dan bernegara
 Keadilan adalah tindakan yang tidak berdasarkan kesewenang – wenangan , atau memberikan / memperlakukan pihak lain sesuai dengan apa yang menjadi haknya 
 Keadilan distributive, kumutatif, kodrat alam , konvensional
 Keterbukaan dan jaminan keadilan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan , negara wajib untuk menciptakan kondisi masyarakat agar mampu berpartisipasi serta bertanggung jawab terhadap kemajuan dari berbagai aspek kehidupan bermasyarakat , berbangsa , dan bernegara 

III. Metode pembelajaran : 
 Tanya jawab
 Ceramah bervariasi
 Diskusi
 Kerja kelompok

IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakukan pre tes mengenai tingkat pengetahuan siswa tentang keterbukaan dan jaminan keadilan 
- Memberikan tugas kepada siswa yang belum memenuhi syarat kompetensi dari hasil pre tes
- Membuat kelompok diskusi
- Menyampaikan pokok materi yang akan didiskusikan / pembelajaran 
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Menugaskan siswa untuk membaca modul materi keterbukaan dan jaminan keadilan 
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS atau buku lain yang relevan sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
- Bersama siswa berdiskusi menganalisa keterbukaan dan jaminan keadilan 
- Menyimpulkan bersama dari hasil diskusi
 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Melakukan perbaikan bagi siswa yang belum kompeten dari keterbukaan dan jaminan keadilan melalui surat kabar / internet

V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Modul
- Buku yang relevan

VI. Penilaian :
- Penilaian kerja diskusi
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian / essay, pilihan ganda )

Contoh Soal pilihan ganda :

1. Salah satu contoh perbuatan yang mencerminkan sikap adil dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa , dan bernegara adalah ..
a. Melaksanakan hak dengan menuntut kewajiban 
b. Memberi sesseorang sesuai dengan keinginannya 
c. Memberikan sesesorang karena merupakan kewajiban
d. Tidak sewenang – wenang terhadap orang lain
e. Rela berkorban untuk kepentingan sendiri
2. Dalam rangka menegakkan keadilan maka hukum harus dijunjung tinggi oleh …..
a. Pemerintah
b. Aparat penegak hukum
c. Lembaga – lembaga hukum
d. Seluruh warga negara
e. Pemerintah dan aparat penegak hkum
3. Keadilan yang mengikat warga negara sebab keadilan itu didekritkan melali suatu kekuasaan disebut …
a. Keadilan distributive
b. Keadilan komtatif
c. Keadilan kodrat alam
d. Keadilan konvensional
e. Legalitas
4. Untuk mewjudkan suatu negara yang stabil dan kuat , maka semua komponen bangsa harus mampu …
a. Melaksanakan hak dan kewajiabn dengan seimbang
b. Mewujudkan nilai kemanusiaan 
c. Membuat UU / Peraturan – peraturan 
d. Mendidik generasi muda verjiwa nasionalme
e. Menerapkan keterbukaan dan jaminan keadilan 
5. Kehidupan masyarakat dalam suasana aman , tentram dan damai apabila ..
a. Masyarakat adail dan makmur
b. Masayarakat mematuhi UU yang berlaku
c. Masayarakat taat pada adat – istiadat
d. Masayarakat yang dinamis
e. Masyarakat yang sadar hak dan kewajibannya
   
Soal Essay :
1. Jelaskan 4 macam keadilan menurut Aristoteles
2. Untuk menegakkan keadilan didasrkan pada norma – norma yang berlaku di masyarakat .Jelaskan norma – norma tersebut !
3. Sebutkan 3 fungsi hukum !

Kunci Jawaban :
1. D
2. D
3. D
4. E
5. E
Kunci jawaban Essay :
1. Keadilan distributive : adalah keadilan yang berhubungan dengan distribusi jasa dan kemakmran menurut kerja dan kemampuan 
Keadilan komutatif : keadilan yang berhubungan dengan persamaan yang diterima setiap orang tanpa melihat jasa – jasa perseorangan
Keadilan kodrat alam :keadilan yang bersmber hukum kodrat alam  
Keadilan koventional : adalah keadilan yang mengikat warga negara sebab keadilan itu didekritkan melalui kekuasaan 

2. Norma agama : bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa 
Kesusilaan bersumber dari suara hati manusia
Kesopanan bersumber dari tata pergaulan masyarakat
Hukum bersunber dari negara / penguasa  
 
3. Menjamin kepastian hukum
  Menjamin keadilan social
  Berfungsi pengayoman 





Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
  NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan ke-  
  adilan dalam kehidupan bebangsa dan 
  bernegara 
Kompetensi Dasar :3.2. Menganalisis dampak penyelenggaraan 
  pemerintahan yang tidak transparan  
   
Indikator : 
• Memberikan contoh penyelenggaraan pemerintahan yang transparan
• Mendeskripsikan penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan 
• Mengidentifikasi factor penyebab terjadinya penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan 

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Memberikan contoh penyelenggaraan pemerintahan yang transparan
 Siswa dapat Mendeskripsikan penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
 Siswa dapat Mengidentifikasi factor penyebab terjadinya penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan

II. Materi Pembelajaran :
 Penyelenggaraan pemerintahan yang transparan
 Keterbkaan dan kejujuran dalam melaksanakan hak dan kewajiaban baik sebagai warga negara maupun pejabat negara 
 Penghormatan HAM
 Penegakan supremasi hukum
 Adanya jaminan keadilan  
 Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
 Budaya KKN
 Kasus pelanggaran HAM
 Kurangnya jaminan keadilan 
 Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
 Munculnya konflik – konflik social 
 Rusaknya moral bangsa
 Penyalagunaan jabatan / kekuasaan 
 Pelanggaran Hkum
 Pelangranan HAM
 Mncul konflik SARA , dll

III. Metode pembelajaran : 
 Tanya jawab
 Ceramah bervariasi
 Diskusi
 Kerja kelompok
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakukan pre tes mengenai tingkat pengetahuan siswa tentang keterbukaan dan jaminan keadilan 
- Memberikan tugas kepada siswa yang belum memenuhi syarat kompetensi dari hasil pre tes
- Membuat kelompok diskusi
- Menyampaikan pokok materi yang akan didiskusikan / pembelajaran 
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Menugaskan siswa untuk membaca modul materi keterbukaan dan jaminan keadilan 
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS atau buku lain yang relevan sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
- Bersama siswa berdiskusi menganalisa keterbukaan dan jaminan keadilan 
- Menyimpulkan bersama dari hasil diskusi
 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Melakukan perbaikan bagi siswa yang belum kompeten dari keterbukaan dan jaminan keadilan melalui surat kabar / internet

V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Modul
- Buku yang relevan
VI. Penilaian :
- Penilaian kerja diskusi
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian / essay, pilihan ganda )

Contoh Soal pilihan ganda :
1. Kemajuan suatu bangsa / negara yang sangat penting adalah system pemerintahan yang didukung oleh …
a. Kekayaan alam yang melimpah
b. Pemerintaha yang stabil dan kuat
c. Angkatan perang yang tangguh
d. Kepribadian pemimpin yang cerdas , bersih dan jujur
e. Wilayah yang luas seta penduduk yang besar 
2. Kita tidak dapat mentup kemungkinan pengaruh dari luar / dunia yang luas tetapi kita …
a. Harus menerima kemajuan IPTEK
b. Harus secara bersama – sama mengontrol pelaksanaan pemerintahan
c. Harus berada pada cirri khasnya Pancasila dan UUD 1945
d. Menerima kemajuan IPTEK selruhnya
e. Terpengaruh dengan adanya globalisasi
2. Dengan adanya reformasi di berbagai bidang kehidupan bebangsa dan bernegara maka , …
a. Negara Indonesia semakin kuat system pemerintahnya
b. Pancasila sebagai landasan idiil bagi negara Indonesia
c. Dimlai keterbukaan dari berbagai bidang kehidupan berbangsa dan bernegara 
d. Kedaulatan rakyat mulai ditata kembali sesuai kebebasan nya
e. Negara bersama – sama dengan rakyat membangun bangsa ini 
3. Agar tidak terjadi kesewenang – wenangan pemerintah dalam menjalankan kekuasaan maka perlu dibatasi oleh…
a. Polisi
b. Undang – Undang Dasar
c. Anggota DPR
d. Anggota MPR
e. Jaksa Agung dan Mahkamh Agung
4. Pesamaan hak dan kewajiban setiap warga negara didepan hukum dan pemerintahan dijamin UUD 1945, yaitu …
a. Pasal 27 ayat 1
b. Pasal 27 ayat 2
c. Pasal 28
d. Pasal 29 ayat 1
e.Pasal 31
  Soal Essay :
1. Berilah 5 contoh masalah – masalah utama yang dihadapi bangsa Indonesia !
2. Agar penyelenggara negara melaksanakan hak dan kewajiban nya dengan baik dan tidak melakukan KKN diperlukan peran serta masyarakat untuk selalu mengawasi . Sebutkan peran serta masyarakat tersebut !
3. Mengapa upaya menegakkan keadilan mesti didasarkan pada kebenaran ? beri 2 alasan !
Kunci Jawaban :
1. D
2. C
3. C
4. B
5. A
Kunci jawaban Essay :
1.- Konflik social dan menguatnya gejala – gejala disintegrasi bangsa  
  di berbagai daerah
- Belum terwujudnya supemasi hukum dan rendahnya kesadran hukum 
- Merebaknya penyakit KKN di setiap daerah
- Enyalagunaan kekasaan dan jabatan
- Gangguan kamtibnas dan pelanggaran HAM

2. – Hak mencai , memperoleh dan memberikan informasi tentang penyelenggaraan negara
- Hak untuk memperoleh pelayanan yang sama dan adil dari penyelenggara negara
- Hak memperoleh perlindungan hukum

3. - Keadilan dan kebenaran merupakan nilai yang fundamental bagi terwujudnya kehidupan bersama yang baik.
Keadilan dan kebenaran bermanfaat dalam kehidupan pribadi ,bermasyarakat , berbangsa dan bernegara


Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan kea-
  dilan dalam kehidupan berbangsa dan  
  bernegara

Kompetensi Dasar :3.3.Menunjukkan sikap keterbukaan dan kea-
  adilan dalam kehidupan berbangsa dan
  bernegara
   
Indikator : 
• Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan 
• Menganalisis makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
• Memberikan contoh sikap keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
• Memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
 Siswa dapat Menganalisis makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Siswa dapat Memberikan contoh sikap keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
 Siswa dapat Memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

II. Materi Pembelajaran :
 Sikap keterbukaan dan keadilan
 Bentuk sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan
 Sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara


III. Metode pembelajaran : 
 Menggali berbagai informasi baik cetak maupun elektronik tentang contoh sikap yang mencerminkan keterbuakaan dan keadilan 
 Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil penggalian informasi tentang sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan masyarakat , sekolah maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara 
 
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  

V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Kasus yang terjadi di masyarakat 
- Mas media baik cetak maupun elektronik 
- Buku paket yang relevan
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa

VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi  










Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan 
  organisasai internasional
   
Kompetensi Dasar :4.1.Mendeskripsikan pengertian , pentingnya 
  , dan sarana – sarana hubungan inter –
  nasional bagi suatu negara
   
Indikator : 
• Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
• Mendeskripsikan dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa
• Menguraikan pentingnya hubungan internasional
• Mengidentifikasi sarana – sarana hubungan internasional

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
 Siswa dapat Mendeskripsikan dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa
 Siswa dapat Menguraikan pentingnya hubungan internasional
 Siswa dapat Mengidentifikasi sarana – sarana hubungan internasional

II. Materi Pembelajaran :
 Hubungan internasional
 Pengertian hubungan internasional
 Dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa
 Pentingnya hubungan internasional bagi suatu negara
 Sarana – sarana hubungan internasional 


III. Metode pembelajaran : 
 Menggali berbagai informasi baik cetak maupun elektronik tentang pengertian hubungan internasional 
 Mendiskusikan dan mempresentasikan informasi tentang pentingnya hubungan internasional 
 Menyimpulkan hasil identifikasi sarana – sarana hubungan internasional
 
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  

V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- J.G.Starke ( 2003 ) , Pengantar Hukum Internasional edisi kesepuluh , Jakarta 
- Kasus yang terjadi di masyarakat 
- Mas media baik cetak maupun elektronik 
- Buku paket yang relevan
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa

VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi  









Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan 
  organisasai internasional
   
Kompetensi Dasar :4.2.Menjelaskan tahap – tahap perjanjian 
  internasional 
   
Indikator : 
• Mendeskripsikan makna perjanjian internasional
• Menjelaskan macam – macam istilah perjanjian internasional
• Menguraikan tahapan perjanjian internasional
• Menjelaskan haal – hal penting dalam ratifikasi perjanjian internasional yang memerlukan persetujuan DPR di indonesia

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mendeskripsikan makna perjanjian internasional
 Siswa dapat Menjelaskan macam – macam istilah perjanjian internasional
 Siswa dapat Menguraikan tahapan perjanjian internasional
 Siswa dapat Menjelaskan haal – hal penting dalam ratifikasi perjanjian internasional yang memerlukan persetujuan DPR di indonesia

II. Materi Pembelajaran :
 Perjanjian internasional
 Makna perjanjian internasional
 Istilah – istilah perjanjian internasional
 Tahap – tahap perjanjian internasional

III. Metode pembelajaran : 
 Melakukan studi literature tentang pergertian internasional
 Menggali informasi tentang istilah – istilah dalam perjanjian internasional
 Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil studi literature tentang pejanjian internasional dan tahap – tahap perjanjian internasional
 
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  

V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- J.G.Starke ( 2003 ) , Pengantar Hukum Internasional edisi kesepuluh , Jakarta 
- Kasus yang terjadi di masyarakat 
- Mas media baik cetak maupun elektronik 
- Buku paket yang relevan
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa

VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda ), 
- Presentasi  






Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan 
  organisasai internasional
   
Kompetensi Dasar :4.3.Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik 
   
Indikator : 
• Mendeskripsikan pengertian perwakilan diplomatik
• Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatic
• Mengidentifikasikan perbedaan perwakilan diplomatic dengan perwakilan konsuler
• Menganalisis fungsi perwakilan diplomatic

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian perwakilan diplomatik
 Siswa dapat Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatic
 Siswa dapat Mengidentifikasikan perbedaan perwakilan diplomatic dengan perwakilan konsuler
 Siswa dapat Menganalisis fungsi perwakilan diplomatic

II. Materi Pembelajaran :
 Perwakilan diplomatic
 Pengertian perwakilan diplomatic
 Tingkatan perwakilan diplomatic
 Perwakilan konsuler
 Fungsi perwakilan diplomatic

III. Metode pembelajaran : 
 Melakukan studi pustaka / literature tentang pergertian perwakilan diplomatic
 Menggali informasi tentang macam – macam perwakilan diplomatic
 Menggali informasi tentang perwakilan konsuler
 Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil studi literature tentang fngsi perwakilan diplomatic
 
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  

V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Syuffri Yusuf,SH ( 1989 ) , Hubungan internasional dan politik luar negeri sebuah analisis Teoritis dan raian tentang Pelaksanaanya , Jakarta , CV.Muliasari 
- J.G.Starke ( 2003 ) , Pengantar Hukum Internasional edisi kesepuluh , Jakarta 
- Kasus yang terjadi di masyarakat 
- Mas media baik cetak maupun elektronik 
- Buku paket yang relevan
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa

VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda ), 
- Presentasi  





Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan 
  organisasai internasional
   
Kompetensi Dasar :4.4.Mengkaji peranan organisasi internasional 
  ( ASEAN,PBB ) dalam menigkatkan hu –
  bungan internasional 
   
Indikator : 
• Mendeskripsikan pengertian organisasi internasional 
• Mengidentifikasikan macam – macam organisasi internasional
• Menguraikan peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
• Mendeskripsikan peranan Indonesia terhadap ASEAN
• Mengidentifikasikan peranan ASEAN bagi bangsa Indonesia
• Menjelaskan tujuan ASEAN
• Mendeskripsikan peranan organisasi internasional dalam meningkatkan hubungan internasional

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian organisasi internasional
 Siswa dapat Mengidentifikasikan macam – macam organisasi internasional
 Siswa dapat Menguraikan peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
 Siswa dapat Mendeskripsikan peranan Indonesia terhadap ASEAN
 Siswa dapat Mengidentifikasikan peranan ASEAN bagi bangsa Indonesia
 Siswa dapat Menjelaskan tujuan ASEAN
 Siswa dapat Mendeskripsikan peranan organisasi internasional dalam meningkatkan hubungan internasional



II. Materi Pembelajaran :
 Oganisasi internasional
 Pengertian organisasi internasional 
 Macam – macam organisasi internasional
 Peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
 Peranan dan tujuan ASEAN

III. Metode pembelajaran : 
 Melakukan studi pustaka / literature tentang pergertian organisasi internasional 
 Menggali informasi tentang macam – macam organisasi internasional 
 Menggali informasi tentang peranan dan tujuan PBB
 Melakukan studi pustaka / literature tentang tujuan ASEAN

IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  

V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Syuffri Yusuf,SH ( 1989 ) , Hubungan internasional dan politik luar negeri sebuah analisis Teoritis dan raian tentang Pelaksanaanya , Jakarta , CV.Muliasari 
- J.G.Starke ( 2003 ) , Pengantar Hukum Internasional edisi kesepuluh , Jakarta 
- Kasus yang terjadi di masyarakat 
- Mas media baik cetak maupun elektronik 
- Buku paket yang relevan
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa

VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda ), 
- Presentasi  




Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan 
  organisasai internasional
   
Kompetensi Dasar :4.5.Menghargai kerja sama dan perjanjian 
  internasional yang bermanfaat bagi 
  indonesia 
   
Indikator : 
• Mendeskripsikan pengertian organisasi internasional 
• Mengidentifikasikan macam – macam organisasi internasional
• Menguraikan peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
• Mendeskripsikan peranan Indonesia terhadap ASEAN
• Mengidentifikasikan peranan ASEAN bagi bangsa Indonesia
• Menjelaskan tujuan ASEAN
• Mendeskripsikan peranan organisasi internasional dalam meningkatkan hubungan internasional

Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian organisasi internasional
 Siswa dapat Mengidentifikasikan macam – macam organisasi internasional
 Siswa dapat Menguraikan peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
 Siswa dapat Mendeskripsikan peranan Indonesia terhadap ASEAN
 Siswa dapat Mengidentifikasikan peranan ASEAN bagi bangsa Indonesia
 Siswa dapat Menjelaskan tujuan ASEAN
 Siswa dapat Mendeskripsikan peranan organisasi internasional dalam meningkatkan hubungan internasional
II. Materi Pembelajaran :
 Oganisasi internasional
 Pengertian organisasi internasional 
 Macam – macam organisasi internasional
 Peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
 Peranan dan tujuan ASEAN

III. Metode pembelajaran : 
 Melakukan studi pustaka / literature tentang pergertian organisasi internasional 
 Menggali informasi tentang macam – macam organisasi internasional 
 Menggali informasi tentang peranan dan tujuan PBB
 Melakukan studi pustaka / literature tentang tujuan ASEAN

IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan 
- Mengadakan Tanya jawab 
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  

V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Syuffri Yusuf,SH ( 1989 ) , Hubungan internasional dan politik luar negeri sebuah analisis Teoritis dan raian tentang Pelaksanaanya , Jakarta , CV.Muliasari 
- J.G.Starke ( 2003 ) , Pengantar Hukum Internasional edisi kesepuluh , Jakarta 
- Kasus yang terjadi di masyarakat 
- Mas media baik cetak maupun elektronik 
- Buku paket yang relevan
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa

VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda ), 
- Presentasi  








Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 5. Menganalisis system dan peradilan  
  Internasional
Kompetensi Dasar :5.1 Mendeskripsikan system hukum dan peradi- 
  Lan internasional
   
Indikator : 
• Mengemukakan makna hukum internasional
• Menjelaskan hakekat hukum internasional
• Menjelaskan asas – asas hukum internasional
• Mengidentifikasikan sumber – sumber hukum internasional
• Mengidentifikasikan subyek – subyek hukum internasional
• Mendeskripsikan peranan lembaga peradilan internasional
• Mengidentifikasikan kewenangan Mahkamah internasional dalam memerankan sebagai lembaga peradilan internasional
• Mendeskripsikan kendala yang dihadapi Mahkamah internasioanal dalam lembaga peradilan internasional
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mengemukakan makna hukum internasional
 Siswa dapat Menjelaskan hakekat hukum internasional
 Siswa dapat Menjelaskan asas – asas hukum internasional
 Siswa dapat Mengidentifikasikan sumber – sumber hukum internasional
 Siswa dapat Mengidentifikasikan subyek – subyek hukum internasional
 Siswa dapat Mendeskripsikan peranan lembaga peradilan internasional
 Siswa dapat Mengidentifikasikan kewenangan Mahkamah internasional dalam memerankan sebagai lembaga peradilan internasional
 Siswa dapat Mendeskripsikan kendala yang dihadapi Mahkamah internasioanal dalam lembaga peradilan internasional
II. Materi Pembelajaran :
 Hukum dan peradilan internasional
 Konsep dasar hkum internasional
 Asas – asas hukum internasional
 Sumber – sumber hukum internasioanal
 Subyek – subyek hukum internasional
 Lembaga peradilan internasional
III. Metode pembelajaran : 
 Melakaukan kajian pustaka ( beberapa buku sumber ) tentang maknan , asas , dan sumber hukum internasional
 Menggali informasi tentang subyek hukum internasioanal
 Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literature tentang peranan lembaga peradilan internasional  
 Ceramah , diskusi,presentasi, tugas individu/kelompok 
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Mengimformasi kompetensi yang akan dicapai 
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada 
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan Mengadakan Tanya jawab 
- Brain storming dengan seluruh siswa
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan 
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya ) 
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing  

V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- J.G. starke ( 2003 ) , Pengantar hukum internasional edesi ke sepuluh , Jakarta , sinar grafika
- Rebecca .MM , Wallace , Sweet & Maxwell , London penerje-mah : Bambang Aruma –nadi ,SH.MSc., ( 1993 ) .Hukum internasional , Semarang : IKIP Semarang Press 
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Budiyanto ,(1999) Tata negara untuk SMA ,Jakarta : Penerbit Erlangga
- Lembar kerja siswa

VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi  







Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 5. Menganalisis system dan peradilan  
  Internasional
   
Kompetensi Dasar :5.2. Menjelskan penyebab timbulnya sengketa  
  Internasional dan cara penyelesaian oleh 
  Mahkamah internasional
Indikator : 
• Mengidentifikasi penyebab sengketa internasional
• Mengidentifikasikan cara menyelesaikan masalah – masalah ( sengketa ) internasional
• Memberi contoh penyelesaian masalah internasional melalui arbitrasie
• Memberikan contoh penyelesaian masalah internasional melalui konsiliasi 
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mengidentifikasi penyebab sengketa internasional 
 Siswa dapat Mengidentifikasikan cara menyelesaikan masalah – masalah ( sengketa ) internasional
 Siswa dapat Memberi contoh penyelesaian masalah internasional melalui arbitrasie
 Siswa dapat Memberikan contoh penyelesaian masalah internasional melalui konsiliasi
II. Materi Pembelajaran :
 Sengketa internasional
 Sebab – sebab terjadinya sengketa internasional
 Cara menyelesaikan masalah – masalah ( sengketa) internasional
 Jasa – jasa baik
 Konsiliasi
 Komisi penyelidik
 Pewasitan ( arbitrasi)
 Mahkamah internasional


III. Metode pembelajaran : 
 Melakukan analisis tentang factor penyebab timbulnya sengketa internasional
 Menggali informasi berbagai sumber tentang cara penyelesaian sengketa internasional
 Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literatre tentang pola penyelesaian sengketa internasional  
 Ceramah , diskusi,presentasi, tugas individu/kelompok 
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Mengimformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan Mengadakan Tanya jawab 
- Brain storming dengan seluruh siswa
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan

C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Tes tertulis( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
 
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Syufri Yusf SH.( 19989 ). Hubungan internasional dan politik luar negeri sebuah nalisis teoritis dan uraian tentang pelaksaannya , Jakarta .CV.Muliasari 
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Budiyanto ,(1999) Tata negara untuk SMA ,Jakarta : Penerbit Erlangga
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda ) , 
- Presentasi








Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )


Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan 
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 5. Menganalisis system dan peradilan  
  Internasional
   
Kompetensi Dasar :5.3. Menghargai putusan Mahkamah 
  Internasional 
Indikator : 
• Mendeskripsikan prosedur Mahkamah Internasional dalam penyelesaian masalah internasional
• Mengidentifikasikan sistematika keputusan Mahkamah internasional
• Menjelaskan dampak suatu negara yang tidak memetuhi keputusan Mahkamah internasional
• Mendeskripsikan contoh sikap negara yang mematuhi keputusan Mahkamah internasional
 
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )

I. Tujuan Pembelajaran : 
 Siswa dapat Mendeskripsikan prosedur Mahkamah Internasional dalam penyelesaian masalah internasional
 Siswa dapat Mengidentifikasikan sistematika keputusan Mahkamah internasional
 Siswa dapat Menjelaskan dampak suatu negara yang tidak memetuhi keputusan Mahkamah internasional
 Siswa dapat Mendeskripsikan contoh sikap negara yang mematuhi keputusan Mahkamah internasional

II. Materi Pembelajaran :
 Mahkamah internasional
 Mekanisme kerja Mahkamah internasional
 Keputusan Mahkamah internasional



III. Metode pembelajaran : 
 Menggali informasi berbagai sumber tentang prosedur Mahkamah internasional dalam penyelesaian masalah internasional
 Menggali informasi berbagai sumber tentang keputusan Mahkamah internasional 
 Menyimpulkan dampak suatu negara yang tidak mematuhi keputusan Mahkamah internasional
 Ceramah , diskusi,presentasi, tugas individu/kelompok 

IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal 
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran 
- Mengimformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan Mengadakan Tanya jawab 
- Brain storming dengan seluruh siswa
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan

C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Tes tertulis( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi 
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
 
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Syufri Yusf SH.( 19989 ). Hubungan internasional dan politik luar negeri sebuah nalisis teoritis dan uraian tentang pelaksaannya , Jakarta .CV.Muliasari 
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Budiyanto ,(1999) Tata negara untuk SMA ,Jakarta : Penerbit Erlangga
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok 
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda ) , 
- Presentasi




Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran




Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355

0 komentar:

Poskan Komentar