RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI
Pertemuan ke : 1 dan 2
Standart Kompetensi : 1. Menganalisis budaya politik di indoensia
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian budaya politik
• Mengidentifikasikan cirri – cirri budaya politik
• Mendeskripsikan macam – macam budaya politik
• Menjelaskan faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya
• Mengidentifikasi pekembangan budaya politik
• Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakat
Alokasi Waktu : 4 X 45 Menit ( 2 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian budaya politik
Siswa dapat Mengidentifikasikan ciri – ciri budaya politik
Siswa dapat Mendeskripsikan macam – macam budaya politik
Siswa dapat Menjelaskan faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya
Siswa dapat Mengidentifikasi pekembangan budaya politik
Siswa dapat Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakat
II. Materi Pembelajaran :
Budaya politik
Pengertian budaya politik
Ciri – ciri budaya politik
Macam – macam budaya politik
Faktor penyebab berkembang nya budaya politik di suatu daerah
Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat
III. Metode pembelajaran :
Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pengertian budaya politik dan macam – macam budaya politik , factor penyebab berkembangnya budaya politik
Mengidentifikasikan budaya politik yang berkembang di daerah setempat
Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil penggalian informasi tentang budaya politik yang berkembang di daerah setempat
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Mengimformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Brain storming dengan seluruh siswa
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Dede Rosyada ( 2003 ) , Pendidikan Kewarganegaraan : Demokrasi , hak asasi manusia , dan masyarakat madani .
- Tim ICCE UIN Jakarta Prenada Media
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke : 3 ,4,5,6
Standart Kompetensi : 1. Menganalisis budaya politik di indoensia
Kompetensi Dasar :1.2 Menganalisis tipe – tipe budaya politik
Yang berkembang dalam masyarakat
indonesia
Indikator :
• Mendeskripsikan tipe – tipe budaya politik
• Mengidentifikasi tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
• Menganalisis dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan perkembangan system politik yang berlaku
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mendeskripsikan tipe – tipe budaya politik
Siswa dapat Mengidentifikasi tipe budaya politik yang berkembang dalam masyarakat Indonesia
Siswa dapat Menganalisis dampak perkembangan tipe politik sesuai dengan perkembangan system politik yang berlaku
II. Materi Pembelajaran :
Tipe – tipe budaya politik
Macam – macam tipologi budaya politik
Perkembangan tipe budaya politik sejalan perkembangan system politik yang berlaku
III. Metode pembelajaran :
Menggali informasi dari berbagai literature tentang tipe – tipe politik yang berkembang di Indonesia
Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil penggalia informasi tentang perkembangan tipe budaya politik sesuai dengan perkembangan system politik yang berlaku
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Mengimformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Rusadi Kantaprawira , ( 1999 ) , Sistem politik Indonesia suatu pengantar , Bandung
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 1. Menganalisis budaya politik di indoensia
Kompetensi Dasar :1.3.Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi
pengembangan budaya politik
Indikator :
• Menjelaskan makna sosialisasi kesadaran politik
• Menguraikan mekanisme sosialisasi dalam pengembangan budaya politik
• Mengidentifikasikan fungsi partai politik
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Menjelaskan makna sosialisasi kesadaran politik
Siswa dapat Menguraikan mekanisme sosialisasi dalam pengembangan budaya politik
Siswa dapat Mengidentifikasikan fungsi partai politik
II. Materi Pembelajaran :
Sosialisasi budaya politik
Makna sosialisasi kesadaran politik
Menguraikan mekanisme sosialisasi dalam pengembangan budaya politik
Mekanisme sosialisasi budaya politik
Fungsi dan peranan partai politik
III. Metode pembelajaran :
Menggali informasi dari berbagai literature tentang makna kesadaran politik
Mendiskusikan dan mempresentasikan tentang mekanisme sosialisasi budaya politik
Mendiskusikan dan mempresentasikan tentang fungsi dan peranan partai politik
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Rusadi Kantaprawira , ( 1999 ) , Sistem politik Indonesia suatu pengantar , Bandung
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 1. Menganalisis budaya politik di indoensia
Kompetensi Dasar :1.4.Menampilkan peran serta bdaya politik
partisipan
Indikator :
• Mendeskripsikan bentuk – bentuk budaya politik beserta contohnya
• Menunjukkan budaya politik yang sesuai dan bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
• Memberikan contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
• Mendemontrasikan budaya politik partisipan
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mendeskripsikan bentuk – bentuk budaya politik beserta contohnya
Siswa dapat Menunjukkan budaya politik yang sesuai dan bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
Siswa dapat Memberikan contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
Siswa dapat Mendemontrasikan budaya politik partisipan
II. Materi Pembelajaran :
Budaya politik partisipan
Bentuk – bentuk budaya politik partisipan
Budaya politik yang bertentangan dengan semangat pembangunan politik bangsa
Contoh budaya politik partisipan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
Contoh perilaku berperan aktif dalam politik yang berkembang di masyarakat
III. Metode pembelajaran :
Mendiskusikan dan mempresentasikan peran serta masyarakat dalam pengembangan budaya politik yang sesuai dengan tata nilai budaya bangsa Indonesia
Melakukan studi kasus budaya politik yang berkembang di masyarakat
Mensimulasikan budaya politik partisipan di lingkungan sekolah
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Mas media baik cetak maupun elektronik
- Buku paket yang relevan
- Kasus budaya politik yang terjadi di masyarakat
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Rusadi Kantaprawira , ( 1999 ) , Sistem politik Indonesia suatu pengantar , Bandung
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 2. Menganalisis budaya politik di indoensia
Kompetensi Dasar :2.3.Menganalisis pelaksanaan demokrasi di
Indonesia sejak orde lama, orde baru , dan
reformasi
Indikator :
• Menguraikan perinsip demokrasi Pancasila
• Membandingkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia pada masa orla,orba,dan orde reformasi
• Membandingkan pelaksanaan pemilu pada masa orla,orba,dan orde reformasi
• Mengidentifikasikan pelaksanaan pemilu pada masa orba dan reformasi
• Mendemontrasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di daerahnya
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Menguraikan perinsip demokrasi Pancasila
Siswa dapat Membandingkan demokrasi yang diterapkan di Indonesia pada masa orla,orba,dan orde reformasi
Siswa dapat Membandingkan pelaksanaan pemilu pada masa orla,orba,dan orde reformasi
Siswa dapat Mengidentifikasikan pelaksanaan pemilu pada masa orba dan reformasi
Siswa dapat Mendemontrasikan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di daerahnya
II. Materi Pembelajaran :
Demokrasi di Indonesia
Prinsip – prinsip demokrasi Pancasila
Pelaksanaan demokrasi di Indonesia sejak orde lama, orde baru , dan reformasi
Pemilian umum ( pemilu )
Pengertian pemilu
Tujuan pemilu
Prinsip – prinsip dalam pelaksanaan pemilihan umum
III. Metode pembelajaran :
Menggali informasi dari berbagai sumber tentang prinsip – prinsip demokrasi Pancasila
Menggali informasi pelaksanaan demokrasi yang diterapkan di Indonesia sejak orla ,orba , dan reformasi
Menggali informasi dari berbagai sumber tentang pemilu di Indonesia
Menganalisis tentang pelaksanaan pemilu di Indonesia
Mensimulasikan pelaksanaan pilkada di daerah nya
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Perkembangan system pemerintahan di Indonesia
- UU pemilu dan sosialisasi pelaksanaan pemilu
- Mas media baik cetak maupun elektronik
- Buku paket yang relevan
- Kasus budaya politik yang terjadi di masyarakat
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 2. Menganalisis budaya politik di indoensia
Kompetensi Dasar :2.4.Menampilkan perilaku budaya demokrasi
kehidupan sehari – hari
Indikator :
• Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi
• Menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam lingkungan keluarga , sekolah , dan masyarakat
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mengidentifikasi perilaku budaya demokrasi
Siswa dapat Menunjukkan perilaku budaya demokrasi dalam lingkungan keluarga , sekolah , dan masyarakat
II. Materi Pembelajaran :
Peilaku yang mendukung terhadap tegaknya prinsip – pinsip demokrasi
III. Metode pembelajaran :
Mendiskusikan dan menyimpulkan perilaku budaya demokrasi
Mendemontrasikan budaya demokrasi dalam kehidupan di sekolah dan lingkungan masayarakat
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Kasus yang terjadi di masyarakat
- Mas media baik cetak maupun elektronik
- Buku paket yang relevan
- Kasus budaya politik yang terjadi di masyarakat
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan ke-
adilan dalam kehidupan bebangsa dan
bernegara
Kompetensi Dasar :3.1. Mendeskripsikan pengetian dan pentingnya
keterbukaan dan keadilan dalam kehidu-
pan berbangsa dan bernegara
Indikator :
• Mendeskripsiakna pengertian keterbukaan dan keadilan
• Mengidentifikasi macam – macam keadilan
• Mendeskipsikan pentingnya keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
• Mengidentifikasi ciri – ciri keterbukaan
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mendeskripsiakna pengertian keterbukaan dan keadilan
Siswa dapat Mengidentifikasi macam – macam keadilan
Siswa dapat Mendeskipsikan pentingnya keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Siswa dapat Mengidentifikasi ciri – ciri keterbukaan
II. Materi Pembelajaran :
Keterbukaan adalah suatu keadaan dimana setiap anggota masyarakat merasa mempunyai tanggung jawab dan berhak dalam kehidupan di masayarakat sesuai dengan hak dan kewajiban terhadap ketertiban , keamanan dalam bermasyarakat , berbangsa v, dan bernegara
Keadilan adalah tindakan yang tidak berdasarkan kesewenang – wenangan , atau memberikan / memperlakukan pihak lain sesuai dengan apa yang menjadi haknya
Keadilan distributive, kumutatif, kodrat alam , konvensional
Keterbukaan dan jaminan keadilan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan , negara wajib untuk menciptakan kondisi masyarakat agar mampu berpartisipasi serta bertanggung jawab terhadap kemajuan dari berbagai aspek kehidupan bermasyarakat , berbangsa , dan bernegara
III. Metode pembelajaran :
Tanya jawab
Ceramah bervariasi
Diskusi
Kerja kelompok
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakukan pre tes mengenai tingkat pengetahuan siswa tentang keterbukaan dan jaminan keadilan
- Memberikan tugas kepada siswa yang belum memenuhi syarat kompetensi dari hasil pre tes
- Membuat kelompok diskusi
- Menyampaikan pokok materi yang akan didiskusikan / pembelajaran
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Menugaskan siswa untuk membaca modul materi keterbukaan dan jaminan keadilan
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS atau buku lain yang relevan sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
- Bersama siswa berdiskusi menganalisa keterbukaan dan jaminan keadilan
- Menyimpulkan bersama dari hasil diskusi
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Melakukan perbaikan bagi siswa yang belum kompeten dari keterbukaan dan jaminan keadilan melalui surat kabar / internet
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Modul
- Buku yang relevan
VI. Penilaian :
- Penilaian kerja diskusi
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian / essay, pilihan ganda )
Contoh Soal pilihan ganda :
1. Salah satu contoh perbuatan yang mencerminkan sikap adil dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa , dan bernegara adalah ..
a. Melaksanakan hak dengan menuntut kewajiban
b. Memberi sesseorang sesuai dengan keinginannya
c. Memberikan sesesorang karena merupakan kewajiban
d. Tidak sewenang – wenang terhadap orang lain
e. Rela berkorban untuk kepentingan sendiri
2. Dalam rangka menegakkan keadilan maka hukum harus dijunjung tinggi oleh …..
a. Pemerintah
b. Aparat penegak hukum
c. Lembaga – lembaga hukum
d. Seluruh warga negara
e. Pemerintah dan aparat penegak hkum
3. Keadilan yang mengikat warga negara sebab keadilan itu didekritkan melali suatu kekuasaan disebut …
a. Keadilan distributive
b. Keadilan komtatif
c. Keadilan kodrat alam
d. Keadilan konvensional
e. Legalitas
4. Untuk mewjudkan suatu negara yang stabil dan kuat , maka semua komponen bangsa harus mampu …
a. Melaksanakan hak dan kewajiabn dengan seimbang
b. Mewujudkan nilai kemanusiaan
c. Membuat UU / Peraturan – peraturan
d. Mendidik generasi muda verjiwa nasionalme
e. Menerapkan keterbukaan dan jaminan keadilan
5. Kehidupan masyarakat dalam suasana aman , tentram dan damai apabila ..
a. Masyarakat adail dan makmur
b. Masayarakat mematuhi UU yang berlaku
c. Masayarakat taat pada adat – istiadat
d. Masayarakat yang dinamis
e. Masyarakat yang sadar hak dan kewajibannya
Soal Essay :
1. Jelaskan 4 macam keadilan menurut Aristoteles
2. Untuk menegakkan keadilan didasrkan pada norma – norma yang berlaku di masyarakat .Jelaskan norma – norma tersebut !
3. Sebutkan 3 fungsi hukum !
Kunci Jawaban :
1. D
2. D
3. D
4. E
5. E
Kunci jawaban Essay :
1. Keadilan distributive : adalah keadilan yang berhubungan dengan distribusi jasa dan kemakmran menurut kerja dan kemampuan
Keadilan komutatif : keadilan yang berhubungan dengan persamaan yang diterima setiap orang tanpa melihat jasa – jasa perseorangan
Keadilan kodrat alam :keadilan yang bersmber hukum kodrat alam
Keadilan koventional : adalah keadilan yang mengikat warga negara sebab keadilan itu didekritkan melalui kekuasaan
2. Norma agama : bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa
Kesusilaan bersumber dari suara hati manusia
Kesopanan bersumber dari tata pergaulan masyarakat
Hukum bersunber dari negara / penguasa
3. Menjamin kepastian hukum
Menjamin keadilan social
Berfungsi pengayoman
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan ke-
adilan dalam kehidupan bebangsa dan
bernegara
Kompetensi Dasar :3.2. Menganalisis dampak penyelenggaraan
pemerintahan yang tidak transparan
Indikator :
• Memberikan contoh penyelenggaraan pemerintahan yang transparan
• Mendeskripsikan penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
• Mengidentifikasi factor penyebab terjadinya penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Memberikan contoh penyelenggaraan pemerintahan yang transparan
Siswa dapat Mendeskripsikan penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Siswa dapat Mengidentifikasi factor penyebab terjadinya penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
II. Materi Pembelajaran :
Penyelenggaraan pemerintahan yang transparan
Keterbkaan dan kejujuran dalam melaksanakan hak dan kewajiaban baik sebagai warga negara maupun pejabat negara
Penghormatan HAM
Penegakan supremasi hukum
Adanya jaminan keadilan
Penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Budaya KKN
Kasus pelanggaran HAM
Kurangnya jaminan keadilan
Dampak penyelenggaraan pemerintahan yang tidak transparan
Munculnya konflik – konflik social
Rusaknya moral bangsa
Penyalagunaan jabatan / kekuasaan
Pelanggaran Hkum
Pelangranan HAM
Mncul konflik SARA , dll
III. Metode pembelajaran :
Tanya jawab
Ceramah bervariasi
Diskusi
Kerja kelompok
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakukan pre tes mengenai tingkat pengetahuan siswa tentang keterbukaan dan jaminan keadilan
- Memberikan tugas kepada siswa yang belum memenuhi syarat kompetensi dari hasil pre tes
- Membuat kelompok diskusi
- Menyampaikan pokok materi yang akan didiskusikan / pembelajaran
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Menugaskan siswa untuk membaca modul materi keterbukaan dan jaminan keadilan
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS atau buku lain yang relevan sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
- Bersama siswa berdiskusi menganalisa keterbukaan dan jaminan keadilan
- Menyimpulkan bersama dari hasil diskusi
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Melakukan perbaikan bagi siswa yang belum kompeten dari keterbukaan dan jaminan keadilan melalui surat kabar / internet
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Modul
- Buku yang relevan
VI. Penilaian :
- Penilaian kerja diskusi
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian / essay, pilihan ganda )
Contoh Soal pilihan ganda :
1. Kemajuan suatu bangsa / negara yang sangat penting adalah system pemerintahan yang didukung oleh …
a. Kekayaan alam yang melimpah
b. Pemerintaha yang stabil dan kuat
c. Angkatan perang yang tangguh
d. Kepribadian pemimpin yang cerdas , bersih dan jujur
e. Wilayah yang luas seta penduduk yang besar
2. Kita tidak dapat mentup kemungkinan pengaruh dari luar / dunia yang luas tetapi kita …
a. Harus menerima kemajuan IPTEK
b. Harus secara bersama – sama mengontrol pelaksanaan pemerintahan
c. Harus berada pada cirri khasnya Pancasila dan UUD 1945
d. Menerima kemajuan IPTEK selruhnya
e. Terpengaruh dengan adanya globalisasi
2. Dengan adanya reformasi di berbagai bidang kehidupan bebangsa dan bernegara maka , …
a. Negara Indonesia semakin kuat system pemerintahnya
b. Pancasila sebagai landasan idiil bagi negara Indonesia
c. Dimlai keterbukaan dari berbagai bidang kehidupan berbangsa dan bernegara
d. Kedaulatan rakyat mulai ditata kembali sesuai kebebasan nya
e. Negara bersama – sama dengan rakyat membangun bangsa ini
3. Agar tidak terjadi kesewenang – wenangan pemerintah dalam menjalankan kekuasaan maka perlu dibatasi oleh…
a. Polisi
b. Undang – Undang Dasar
c. Anggota DPR
d. Anggota MPR
e. Jaksa Agung dan Mahkamh Agung
4. Pesamaan hak dan kewajiban setiap warga negara didepan hukum dan pemerintahan dijamin UUD 1945, yaitu …
a. Pasal 27 ayat 1
b. Pasal 27 ayat 2
c. Pasal 28
d. Pasal 29 ayat 1
e.Pasal 31
Soal Essay :
1. Berilah 5 contoh masalah – masalah utama yang dihadapi bangsa Indonesia !
2. Agar penyelenggara negara melaksanakan hak dan kewajiban nya dengan baik dan tidak melakukan KKN diperlukan peran serta masyarakat untuk selalu mengawasi . Sebutkan peran serta masyarakat tersebut !
3. Mengapa upaya menegakkan keadilan mesti didasarkan pada kebenaran ? beri 2 alasan !
Kunci Jawaban :
1. D
2. C
3. C
4. B
5. A
Kunci jawaban Essay :
1.- Konflik social dan menguatnya gejala – gejala disintegrasi bangsa
di berbagai daerah
- Belum terwujudnya supemasi hukum dan rendahnya kesadran hukum
- Merebaknya penyakit KKN di setiap daerah
- Enyalagunaan kekasaan dan jabatan
- Gangguan kamtibnas dan pelanggaran HAM
-
2. – Hak mencai , memperoleh dan memberikan informasi tentang penyelenggaraan negara
- Hak untuk memperoleh pelayanan yang sama dan adil dari penyelenggara negara
- Hak memperoleh perlindungan hukum
3. - Keadilan dan kebenaran merupakan nilai yang fundamental bagi terwujudnya kehidupan bersama yang baik.
Keadilan dan kebenaran bermanfaat dalam kehidupan pribadi ,bermasyarakat , berbangsa dan bernegara
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 3. Menampilkan sikap keterbukaan dan kea-
dilan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
Kompetensi Dasar :3.3.Menunjukkan sikap keterbukaan dan kea-
adilan dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
Indikator :
• Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
• Menganalisis makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
• Memberikan contoh sikap keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
• Memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mengidentifikasi sikap keterbukaan dan keadilan
Siswa dapat Menganalisis makna keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Siswa dapat Memberikan contoh sikap keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Siswa dapat Memberikan penilaian tentang sikap keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
II. Materi Pembelajaran :
Sikap keterbukaan dan keadilan
Bentuk sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan
Sikap keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat , berbangsa dan bernegara
III. Metode pembelajaran :
Menggali berbagai informasi baik cetak maupun elektronik tentang contoh sikap yang mencerminkan keterbuakaan dan keadilan
Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil penggalian informasi tentang sikap keterbukaan dan keadilan di lingkungan masyarakat , sekolah maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Kasus yang terjadi di masyarakat
- Mas media baik cetak maupun elektronik
- Buku paket yang relevan
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan
organisasai internasional
Kompetensi Dasar :4.1.Mendeskripsikan pengertian , pentingnya
, dan sarana – sarana hubungan inter –
nasional bagi suatu negara
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
• Mendeskripsikan dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa
• Menguraikan pentingnya hubungan internasional
• Mengidentifikasi sarana – sarana hubungan internasional
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian hubungan internasional
Siswa dapat Mendeskripsikan dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa
Siswa dapat Menguraikan pentingnya hubungan internasional
Siswa dapat Mengidentifikasi sarana – sarana hubungan internasional
II. Materi Pembelajaran :
Hubungan internasional
Pengertian hubungan internasional
Dampak suatu negara yang mengucilkan diri dari pergaulan antar bangsa
Pentingnya hubungan internasional bagi suatu negara
Sarana – sarana hubungan internasional
III. Metode pembelajaran :
Menggali berbagai informasi baik cetak maupun elektronik tentang pengertian hubungan internasional
Mendiskusikan dan mempresentasikan informasi tentang pentingnya hubungan internasional
Menyimpulkan hasil identifikasi sarana – sarana hubungan internasional
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- J.G.Starke ( 2003 ) , Pengantar Hukum Internasional edisi kesepuluh , Jakarta
- Kasus yang terjadi di masyarakat
- Mas media baik cetak maupun elektronik
- Buku paket yang relevan
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan
organisasai internasional
Kompetensi Dasar :4.2.Menjelaskan tahap – tahap perjanjian
internasional
Indikator :
• Mendeskripsikan makna perjanjian internasional
• Menjelaskan macam – macam istilah perjanjian internasional
• Menguraikan tahapan perjanjian internasional
• Menjelaskan haal – hal penting dalam ratifikasi perjanjian internasional yang memerlukan persetujuan DPR di indonesia
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mendeskripsikan makna perjanjian internasional
Siswa dapat Menjelaskan macam – macam istilah perjanjian internasional
Siswa dapat Menguraikan tahapan perjanjian internasional
Siswa dapat Menjelaskan haal – hal penting dalam ratifikasi perjanjian internasional yang memerlukan persetujuan DPR di indonesia
II. Materi Pembelajaran :
Perjanjian internasional
Makna perjanjian internasional
Istilah – istilah perjanjian internasional
Tahap – tahap perjanjian internasional
III. Metode pembelajaran :
Melakukan studi literature tentang pergertian internasional
Menggali informasi tentang istilah – istilah dalam perjanjian internasional
Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil studi literature tentang pejanjian internasional dan tahap – tahap perjanjian internasional
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- J.G.Starke ( 2003 ) , Pengantar Hukum Internasional edisi kesepuluh , Jakarta
- Kasus yang terjadi di masyarakat
- Mas media baik cetak maupun elektronik
- Buku paket yang relevan
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda ),
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan
organisasai internasional
Kompetensi Dasar :4.3.Menganalisis fungsi perwakilan diplomatik
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian perwakilan diplomatik
• Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatic
• Mengidentifikasikan perbedaan perwakilan diplomatic dengan perwakilan konsuler
• Menganalisis fungsi perwakilan diplomatic
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian perwakilan diplomatik
Siswa dapat Menguraikan tingkatan perwakilan diplomatic
Siswa dapat Mengidentifikasikan perbedaan perwakilan diplomatic dengan perwakilan konsuler
Siswa dapat Menganalisis fungsi perwakilan diplomatic
II. Materi Pembelajaran :
Perwakilan diplomatic
Pengertian perwakilan diplomatic
Tingkatan perwakilan diplomatic
Perwakilan konsuler
Fungsi perwakilan diplomatic
III. Metode pembelajaran :
Melakukan studi pustaka / literature tentang pergertian perwakilan diplomatic
Menggali informasi tentang macam – macam perwakilan diplomatic
Menggali informasi tentang perwakilan konsuler
Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil studi literature tentang fngsi perwakilan diplomatic
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Syuffri Yusuf,SH ( 1989 ) , Hubungan internasional dan politik luar negeri sebuah analisis Teoritis dan raian tentang Pelaksanaanya , Jakarta , CV.Muliasari
- J.G.Starke ( 2003 ) , Pengantar Hukum Internasional edisi kesepuluh , Jakarta
- Kasus yang terjadi di masyarakat
- Mas media baik cetak maupun elektronik
- Buku paket yang relevan
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda ),
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan
organisasai internasional
Kompetensi Dasar :4.4.Mengkaji peranan organisasi internasional
( ASEAN,PBB ) dalam menigkatkan hu –
bungan internasional
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian organisasi internasional
• Mengidentifikasikan macam – macam organisasi internasional
• Menguraikan peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
• Mendeskripsikan peranan Indonesia terhadap ASEAN
• Mengidentifikasikan peranan ASEAN bagi bangsa Indonesia
• Menjelaskan tujuan ASEAN
• Mendeskripsikan peranan organisasi internasional dalam meningkatkan hubungan internasional
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian organisasi internasional
Siswa dapat Mengidentifikasikan macam – macam organisasi internasional
Siswa dapat Menguraikan peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
Siswa dapat Mendeskripsikan peranan Indonesia terhadap ASEAN
Siswa dapat Mengidentifikasikan peranan ASEAN bagi bangsa Indonesia
Siswa dapat Menjelaskan tujuan ASEAN
Siswa dapat Mendeskripsikan peranan organisasi internasional dalam meningkatkan hubungan internasional
II. Materi Pembelajaran :
Oganisasi internasional
Pengertian organisasi internasional
Macam – macam organisasi internasional
Peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
Peranan dan tujuan ASEAN
III. Metode pembelajaran :
Melakukan studi pustaka / literature tentang pergertian organisasi internasional
Menggali informasi tentang macam – macam organisasi internasional
Menggali informasi tentang peranan dan tujuan PBB
Melakukan studi pustaka / literature tentang tujuan ASEAN
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Syuffri Yusuf,SH ( 1989 ) , Hubungan internasional dan politik luar negeri sebuah analisis Teoritis dan raian tentang Pelaksanaanya , Jakarta , CV.Muliasari
- J.G.Starke ( 2003 ) , Pengantar Hukum Internasional edisi kesepuluh , Jakarta
- Kasus yang terjadi di masyarakat
- Mas media baik cetak maupun elektronik
- Buku paket yang relevan
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda ),
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 4. Menganalisis hubungan internasional dan
organisasai internasional
Kompetensi Dasar :4.5.Menghargai kerja sama dan perjanjian
internasional yang bermanfaat bagi
indonesia
Indikator :
• Mendeskripsikan pengertian organisasi internasional
• Mengidentifikasikan macam – macam organisasi internasional
• Menguraikan peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
• Mendeskripsikan peranan Indonesia terhadap ASEAN
• Mengidentifikasikan peranan ASEAN bagi bangsa Indonesia
• Menjelaskan tujuan ASEAN
• Mendeskripsikan peranan organisasi internasional dalam meningkatkan hubungan internasional
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian organisasi internasional
Siswa dapat Mengidentifikasikan macam – macam organisasi internasional
Siswa dapat Menguraikan peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
Siswa dapat Mendeskripsikan peranan Indonesia terhadap ASEAN
Siswa dapat Mengidentifikasikan peranan ASEAN bagi bangsa Indonesia
Siswa dapat Menjelaskan tujuan ASEAN
Siswa dapat Mendeskripsikan peranan organisasi internasional dalam meningkatkan hubungan internasional
II. Materi Pembelajaran :
Oganisasi internasional
Pengertian organisasi internasional
Macam – macam organisasi internasional
Peranan dan tujuan organisasi internasional PBB
Peranan dan tujuan ASEAN
III. Metode pembelajaran :
Melakukan studi pustaka / literature tentang pergertian organisasi internasional
Menggali informasi tentang macam – macam organisasi internasional
Menggali informasi tentang peranan dan tujuan PBB
Melakukan studi pustaka / literature tentang tujuan ASEAN
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Menginformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan
- Mengadakan Tanya jawab
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Syuffri Yusuf,SH ( 1989 ) , Hubungan internasional dan politik luar negeri sebuah analisis Teoritis dan raian tentang Pelaksanaanya , Jakarta , CV.Muliasari
- J.G.Starke ( 2003 ) , Pengantar Hukum Internasional edisi kesepuluh , Jakarta
- Kasus yang terjadi di masyarakat
- Mas media baik cetak maupun elektronik
- Buku paket yang relevan
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda ),
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 5. Menganalisis system dan peradilan
Internasional
Kompetensi Dasar :5.1 Mendeskripsikan system hukum dan peradi-
Lan internasional
Indikator :
• Mengemukakan makna hukum internasional
• Menjelaskan hakekat hukum internasional
• Menjelaskan asas – asas hukum internasional
• Mengidentifikasikan sumber – sumber hukum internasional
• Mengidentifikasikan subyek – subyek hukum internasional
• Mendeskripsikan peranan lembaga peradilan internasional
• Mengidentifikasikan kewenangan Mahkamah internasional dalam memerankan sebagai lembaga peradilan internasional
• Mendeskripsikan kendala yang dihadapi Mahkamah internasioanal dalam lembaga peradilan internasional
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mengemukakan makna hukum internasional
Siswa dapat Menjelaskan hakekat hukum internasional
Siswa dapat Menjelaskan asas – asas hukum internasional
Siswa dapat Mengidentifikasikan sumber – sumber hukum internasional
Siswa dapat Mengidentifikasikan subyek – subyek hukum internasional
Siswa dapat Mendeskripsikan peranan lembaga peradilan internasional
Siswa dapat Mengidentifikasikan kewenangan Mahkamah internasional dalam memerankan sebagai lembaga peradilan internasional
Siswa dapat Mendeskripsikan kendala yang dihadapi Mahkamah internasioanal dalam lembaga peradilan internasional
II. Materi Pembelajaran :
Hukum dan peradilan internasional
Konsep dasar hkum internasional
Asas – asas hukum internasional
Sumber – sumber hukum internasioanal
Subyek – subyek hukum internasional
Lembaga peradilan internasional
III. Metode pembelajaran :
Melakaukan kajian pustaka ( beberapa buku sumber ) tentang maknan , asas , dan sumber hukum internasional
Menggali informasi tentang subyek hukum internasioanal
Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literature tentang peranan lembaga peradilan internasional
Ceramah , diskusi,presentasi, tugas individu/kelompok
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Melakakan pembelajaran ke perpustakaan
- Mengarahkan proses pengkajian materi
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Mengimformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Mengkaji bersama – sama sesuai literature yang ada
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan Mengadakan Tanya jawab
- Brain storming dengan seluruh siswa
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
- Tes tertulis ( uraian ,pilihan ganda , bentuk lainya )
- Presentasi di depan kelas sesuai hasil kelompok masing - masing
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- J.G. starke ( 2003 ) , Pengantar hukum internasional edesi ke sepuluh , Jakarta , sinar grafika
- Rebecca .MM , Wallace , Sweet & Maxwell , London penerje-mah : Bambang Aruma –nadi ,SH.MSc., ( 1993 ) .Hukum internasional , Semarang : IKIP Semarang Press
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Budiyanto ,(1999) Tata negara untuk SMA ,Jakarta : Penerbit Erlangga
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 5. Menganalisis system dan peradilan
Internasional
Kompetensi Dasar :5.2. Menjelskan penyebab timbulnya sengketa
Internasional dan cara penyelesaian oleh
Mahkamah internasional
Indikator :
• Mengidentifikasi penyebab sengketa internasional
• Mengidentifikasikan cara menyelesaikan masalah – masalah ( sengketa ) internasional
• Memberi contoh penyelesaian masalah internasional melalui arbitrasie
• Memberikan contoh penyelesaian masalah internasional melalui konsiliasi
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mengidentifikasi penyebab sengketa internasional
Siswa dapat Mengidentifikasikan cara menyelesaikan masalah – masalah ( sengketa ) internasional
Siswa dapat Memberi contoh penyelesaian masalah internasional melalui arbitrasie
Siswa dapat Memberikan contoh penyelesaian masalah internasional melalui konsiliasi
II. Materi Pembelajaran :
Sengketa internasional
Sebab – sebab terjadinya sengketa internasional
Cara menyelesaikan masalah – masalah ( sengketa) internasional
Jasa – jasa baik
Konsiliasi
Komisi penyelidik
Pewasitan ( arbitrasi)
Mahkamah internasional
III. Metode pembelajaran :
Melakukan analisis tentang factor penyebab timbulnya sengketa internasional
Menggali informasi berbagai sumber tentang cara penyelesaian sengketa internasional
Mendiskusikan dan mempresentasikan hasil kajian literatre tentang pola penyelesaian sengketa internasional
Ceramah , diskusi,presentasi, tugas individu/kelompok
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Mengimformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan Mengadakan Tanya jawab
- Brain storming dengan seluruh siswa
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Tes tertulis( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Syufri Yusf SH.( 19989 ). Hubungan internasional dan politik luar negeri sebuah nalisis teoritis dan uraian tentang pelaksaannya , Jakarta .CV.Muliasari
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Budiyanto ,(1999) Tata negara untuk SMA ,Jakarta : Penerbit Erlangga
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda ) ,
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Sekolah : MAN Gresik 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XI / I
Pertemuan ke :
Standart Kompetensi : 5. Menganalisis system dan peradilan
Internasional
Kompetensi Dasar :5.3. Menghargai putusan Mahkamah
Internasional
Indikator :
• Mendeskripsikan prosedur Mahkamah Internasional dalam penyelesaian masalah internasional
• Mengidentifikasikan sistematika keputusan Mahkamah internasional
• Menjelaskan dampak suatu negara yang tidak memetuhi keputusan Mahkamah internasional
• Mendeskripsikan contoh sikap negara yang mematuhi keputusan Mahkamah internasional
Alokasi Waktu : 8 X 45 Menit ( 4 Pertemuan )
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat Mendeskripsikan prosedur Mahkamah Internasional dalam penyelesaian masalah internasional
Siswa dapat Mengidentifikasikan sistematika keputusan Mahkamah internasional
Siswa dapat Menjelaskan dampak suatu negara yang tidak memetuhi keputusan Mahkamah internasional
Siswa dapat Mendeskripsikan contoh sikap negara yang mematuhi keputusan Mahkamah internasional
II. Materi Pembelajaran :
Mahkamah internasional
Mekanisme kerja Mahkamah internasional
Keputusan Mahkamah internasional
III. Metode pembelajaran :
Menggali informasi berbagai sumber tentang prosedur Mahkamah internasional dalam penyelesaian masalah internasional
Menggali informasi berbagai sumber tentang keputusan Mahkamah internasional
Menyimpulkan dampak suatu negara yang tidak mematuhi keputusan Mahkamah internasional
Ceramah , diskusi,presentasi, tugas individu/kelompok
IV. Langkah – langkah pembelajaran :
A. Kegiatan Awal
- Tanya jawab tentang materi yang lalu
- Menyampaikan pokok materi pembelajaran
- Mengimformasi kompetensi yang akan dicapai
B. Kegiatan Inti
- Menugaskan siswa untuk mempelajari LKS sesuai materi yang diajarkan Mengadakan Tanya jawab
- Brain storming dengan seluruh siswa
- Menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan
C. Kegiatan akhir
- Mengadakan pos tes secara lisan
- Tes tertulis( uraian , pilihan ganda )
- Presentasi
- Mengadakan pengayaan materi yang belum jelas
V. Alat / Bahan / Sumber belajar :
- Syufri Yusf SH.( 19989 ). Hubungan internasional dan politik luar negeri sebuah nalisis teoritis dan uraian tentang pelaksaannya , Jakarta .CV.Muliasari
- Darji Darmodiharjo( 1990),Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi Malang : Penerbit IKIP Malang
- Budiyanto ,(1999) Tata negara untuk SMA ,Jakarta : Penerbit Erlangga
- Lembar kerja siswa
VI. Penilaian :
- Non tes , Tugas individu/kelompok
- Tes ter tulis ( uraian , pilihan ganda ) ,
- Presentasi
Mengetahui Gresik, 27 Januari 2009
Kepala MAN Gresik 1 Guru Mata Pelajaran
Drs. ABD. HAKIM,M.Ag PRADITO HASIBUAN,S.Ag
NIP : 150 255 984 NIP : 150 369 355
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar